Senin, 06 Mei 2013

Tips dan trik ketika membeli hp bekas


Tips yang saya bahas kali ini yaitu mengenai dasar yang harus dicermati ketika anda akan membeli hp bekas, karena banyak sekali kecurangan yang terjadi, jika kita tidak teliti ketika membeli hp di outlet hp.

Mungkin hp yang anda beli harganya tidak terlalu mahal, bisa dikatakan harganya Rp 100.000 saja, akan tetapi jika dalam pengunaanya ada masalah, akan terasa menjengkelkan sekali.

Sedikit info yang saya berikan mungkin bisa menjadi dasar ketika anda membeli hp bekas

1. Langkah pertama yaitu pengecekan stiker segel pabrik yang menempel diatas baut, caranya yaitu bukalah penutup baterai, disanalah terdapat baut yang terbungkus stiker asli dari pabrik merek hp tersebut, dan pastikan stiker tersebut tidak rusak.

2. Pengecekan sinyal yaitu dengan cara melakukan dial atau telepon ke call center provider kartu yang terpasang dalam hp tersebut, kemudian anda lihat penanda atau gambar sinyal, jika naik turunnya sinyal tersebut biasa saja, berarti hp tersebut normal, akan tetapi bila naik turunnya extreem, berarti hp tersebut ada kendala pada PA nya, lebih baik tidak usah dibeli.

3. Langkah yang ketiga yaitu pengecekan LCD, dalam hal ini anda harus jeli dalam melihatnya, pastikan tidak ada flek dalam layar tersebut, kecerahannya, biasanya LCD orsinil cahanya tidak redup, dan jikalau untuk android, pastikan jika disentuh layar tersebut langsung bekerja, jika butuh sentuh yang keras, berarti hp tersebut kesensitifannya udah mulai berkurang, dan solusi dari hal tersebut yaitu penggantian LCD, jadi sebaiknya jangan dibeli.

4. Langkah yang keempat yaitu pengecekan speaker dan mic dengan cara seperti menghidupkan ringtone, dan apabila suara ringtone tersebut jernih berarti tidak ada masalah, selanjutnya kita cek mic nya dengan cara merekam suara kita sendiri, setelah kita dengarkan apabila suara tidak putus, berarti mic nya normal.

5. Langkah yang kelima yaitu pengecekan pengecasan, dalam hal ini mungkin terasa sulit, karena didalam outlet, tidak seperti dirumah anda sendiri yang banyak tempat stopkontak, tapi sebisa mungkin anda coba meminta pada pihak penjual untuk mencoba mengecas hp tersebut, tidak usah lama, pokoknya ada penambahan baterai, hal ini untuk memastikan tidak ada yang konslet pada konektor charger, dan usahakan anda meminta charger original, agar voltasenya sesuai dengan hp, kalo nokia biasanya 3.7 v, jadi apabila bukan original mintalah jangan melebihi 3.7 v.

6. Langkah yang terakhir yaitu pengecekan baterai, pastikan baterainya original, dan tidak membenjol.

Demikian coretan dari saya, mohon maaf jika ada maksud menggurui, karena saya hanya ingin berbagi info pada semua orang yang mungkin masih belum paham dalam mengecek hp, sekian dari saya, jika ada kekurangan mohon koreksi, dan jika ada yang belum paham, mohon koment ditempat yang tersedia di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting